Hujan Lebat Mendatangkan Malapetaka di India Utara

Permukaan air sungai Yamuna semakin tinggi karena hujan lebat.

India Utara terus menghadapi dampak buruk dari hujan lebat, dengan sedikitnya 20 nyawa hilang sejak Sabtu. Hujan tanpa henti telah menyebabkan pohon tumbang, membanjiri rumah, dan penutupan jalan utama di beberapa negara bagian. Cuaca buruk diperkirakan akan bertahan hingga Jumat, memperburuk situasi.

Di Delhi, naiknya permukaan air sungai Yamuna telah membuat kota itu waspada terhadap potensi banjir. Pihak berwenang telah mengambil tindakan proaktif, merelokasi ribuan warga yang tinggal di dekat bantaran sungai ke daerah yang lebih aman. Mereka yang berada di daerah rawan juga disarankan untuk mempersiapkan kemungkinan evakuasi jika diperlukan.

Saat permukaan air di sungai Yamuna melonjak ke ketinggian yang berbahaya, sebuah jembatan utama terputus, mengganggu arus lalu lintas. Selain itu, sekolah tetap ditutup untuk hari kedua karena hujan lebat. Ketua Menteri Delhi, Arvind Kejriwal, menekankan sifat kritis dari dua hari ke depan untuk kota tersebut tetapi meyakinkan warga bahwa pemerintah sepenuhnya siap untuk mengatasi situasi apa pun.

Hujan Lebat Terus Berlanjut

Departemen Meteorologi India telah mengeluarkan peringatan bahwa hujan lebat diperkirakan akan terus berlanjut di wilayah tersebut sepanjang akhir pekan. Negara bagian Himachal Pradesh dan Uttarakhand, yang terletak di wilayah Himalaya, telah menyaksikan tanah longsor dan banjir bandang. Sehingga memerlukan operasi penyelamatan yang dilakukan oleh tim dari tentara India dan Pasukan Tanggap Bencana Nasional. Bencana ini telah mengakibatkan penutupan lebih dari 700 jalan dan jalan raya utama di Himachal Pradesh.

Laporan genangan air besar-besaran juga muncul dari Rajasthan, Punjab, dan Haryana. Selain itu, Amarnath Yatra, ziarah tahunan umat Hindu ke kuil gua di Kashmir yang dikelola India, telah ditangguhkan selama empat hari berturut-turut karena jalan raya nasional tidak dapat diakses. Ribuan peziarah sekarang terdampar di daerah terdekat menunggu resolusi.

Sementara hujan monsun musiman sangat penting bagi India. Berfungsi sebagai jalur kehidupan bagi negara. Hujan juga menyebabkan korban tahunan dan kerusakan properti. Terjadinya peristiwa cuaca yang semakin ekstrim dalam beberapa tahun terakhir telah dikaitkan dengan perubahan iklim, akibat dari pemanasan global, yang meningkatkan kemungkinan curah hujan yang intens.

Tantangan yang ditimbulkan oleh situasi saat ini di India utara memerlukan upaya bersama dalam tanggap bencana, mitigasi, dan adaptasi perubahan iklim. Sangat penting untuk mengatasi penyebab yang mendasari dan berkolaborasi dalam solusi berkelanjutan untuk meminimalkan dampak bencana alam semacam itu di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *